Faktor-Faktor Yang Membedakan Pemilihan Maskapai Penerbangan Rute Yogyakarta-Jakarta

Dina Yuliana(1*)

(1) Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penumpang angkutan udara dengan rute Yogukarta-Jakarta mempunyai beberapa pilihan maskapai penerbangan yang dapat dipilih antara lain Adam Air, Batavia Air, Madala Air, Garuda Indonesia dan Lion Air/Wings Air. Faktor yang mempengaruhi adalah tarif, pelayanan di darat (7 atribut) dan pelayanan di kabin (7 atribut). Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui faktor-faktor yang membedakan pemilihan penerbangan. Analisis diskriminan dapat menunjukkan perbedaan dan mengklasifikasikan penumpang ke dalam grup yang diamati.
Penelitian ini di Bandara Adi Sutjipto dengan menggunakan kuesioner diisi Oleh 164 responden, terdiri dari 32 responden Batavia Air, 34 responden Mandala Air, 29 responden Lion Air/Wings Air, 30 responden Adam Air dan 39 respoden Garuda Indonesia. Responden dalam penelitian ini adalah calon pemmpang pesawat yang dipilih secara acak. Responden pernah melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat yang sama paling tidak satu kali dalam jangka waktu setahun terakhir. Dengan analisis diskriminan dilakukan klasifikasi berdasarkan 4 grup maskapai penerbangan (maskapai penerbangan swasta), dan 2 grup maskapai penerbangan (Garuda Indonesia dan penerbangan swasta).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemilihan maskapai penerbangan. Faktor yang paling membedakan pemilihan 4 grup maskapai penerbangan dalah frekuensi penerbangan pesawat. Faktor yang membedakan 2 grup maskapai penerbangan adalah layanan di dalam pesawat (koran, majalah, video dan lain-lain), frekuensi penerbangan pesawat dan tarif. Layanan di dalam pesawat dalah faktor yang paling membedakan pemilihan 2 grup maskapai penerbangan. Analisis diskriminan berdasarkan 2 grup maskapai penerbangan mampu mengklasifikasikan responden dengan tepat.


Keywords


analisis diakriminan, tarif, pelayanan

Full Text:

PDF

References


Damuri. R.Y. & Anas, T. 2005, The Emergence of Low Cost Cariers in South East Asia, REPSF project No. 04/008

Dillon. W.R. & Golstein, 1984. Multivariate Analysis Apllcations, John Wiley & Sons, New York, USA.

Horonjeff, Robert & McKelvey, Fracis X, 1993, Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara (terjemahan). Penerbit Erlangga, Bandung.

Khoosnulfitdyah, U., 2001, Persepsi Penumpang Tahap Kualitas Pelayanan pesawat Udara, TA Teknik Sipil UGM, tidak dipublikasikan.

Mannering,F.L., & Kilareski, W.p., 1990, Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis, John Wiley & Sons Inc., New York.

Morlok. E.K., 1988, Pengantar dn Perencanaan Transprtasi, penerbit Erlangga, Jakarta

Rahman, M.F., 2003, Low Cost dan Perkembangannya di Indonesia. Jurnal Widya Ekonomika. VOl.4 No.2, 5-24.

Setiowati. B., 2006, Pengkajian Pemilihan Moda Angkutan Kereta Api Eksekutif dan Pesawat Terbang (Studi Kasus Asal-Tujuan Semarang-Jakarta), Simposium IX FSTPT, Universitas Brawijaya, Malang.

Singarimbun, M. Dan Efendi, S., 1989, Metode Penelitian Edisi Revisi, PT. Pustaka LP3ES Indonesia Jakarta.

Singgih Santoso, 2002, Buku Latihan SPSS Multivariat, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiarto, 2001 , Teknik Sampling, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tamin, OZ, 1997, Perencanaan dan Permodelan Transprtasi, ITB, Bandung.

Tatham, R.L., Hair, J.F, Anderson, R.E., & Black, W.C., 1998, Multivariate Data Analysis, Prentice Hall, New Jersey.

1992. Undang-Undang Indonesia Nomor 15 Tahun 1992 tentang Penerbangan, Ditjen Perhubungm Udara, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25104/wa.v34i1.53.37-57

Article metrics

Abstract views : 1065 | views : 252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

WARTAARDHIA Indexed by:

Sinta Science and Technology IndexGoogle ScholarDirectory of Open Access JournalIndonesian Scientific Journal Database (ISJD)ROAD: the Directory of Open Access scholarly ResourcesPKP IndexGarudaDimensionsDimensions

Copyright of Warta Ardhia (e-ISSN:2528-4045, p-ISSN:0215-9066) Sekretariat Jurnal Transportasi Udara, Jl. Medan Merdeka Timur No. 5 A Jakarta Pusat 10110. Tlp. (021) 34832944, Fax. (021) 34832968. Email:litbang_udara@yahoo.co.id; warta.ardhia@gmail.com.

    Creative Commons License 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
  Analytics View My Stats